Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) √ Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) √ Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13 - Kemampuan garam untuk larut dalam air ternyata berbeda-beda, ada garam yang mudah larut namun ada juga yang sukar larut Mengapa gara sukar larut dan mengapa garam mudah larut? Apa pengertian kelarutan itu? Untuk menjawab soal di atas, mari kita pelajari Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13 mengenai Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp).

Pengertian Kelarutan (s) - Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13

kelarutan dan hasil kali kelarutan (ksp)

Kalium klorida (KCl) sama seperti natrium klorida (NaCl) termasuk dalam contoh garam yang mudah larut dalam air. Misal KCl dilarutkan dalam air, awalnya larut, namun apabila KCl ditambahkan terus menerus maka KCl menjadi tidak larut dan muncul endapan.

Sebaliknya BaSO4 merupakan contoh garam yang sukar larut dalam air. Misalnya dilarutkan dalam air maka BaSO4 hanya sedikit yang larut. Akibatnya, sedikit saja BaSO4 ditambahkan dalam air, larutan menjadi jenuh.

Dari dua peristiwa di atas dapat disimpulkan bahwa, apabila zat yang sukar larut dalam air akan menjadi jenuh dengan penambahan zat tersebut dalam jumlah sedikit. Sebaliknya jika zat yang mudah larut dalam air akan menjadi jenuh jika zat tersebut ditambahkan dalam jumlah yang besar. 

Sehingga, kita dapat ambil pengertian bahwa Pengertian Kelarutan adalah jumlah maksimum zat terlarut yang dapat larut dalam sejumlah pelarut (pada suhu dan tekanan tertentu) atau solubility.

Contoh: 
Kelarutan BaSO4 = 10-5 mol.K-1 artinya jumlah maksimum BaSO4 yang dapat larut hanya 

BaSO4 = 10-5 mol.K-1. BaSO4 akan teruri menjadi ion Ba2+ dan SO42-

Dengan semikian, garam-garam yang dapat larut akan mengalami ionisasi dan bersifat elektrolit.

Pengertian Hasil KaliKelarutan (Ksp) - Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13


Sesuai dengan namanya yaitu hasil kali kelarutan, pengertian Ksp adalah perkalian konsentrasi ion-ion suatu zat elektrolit yang sukar larut dalam larutan jenuhnya dipangkatnya koefisien masing-masing.


Contoh:
Konstanta hasil kelarutan CaCO3 adalah:
CaCO3(aq) <=> Ca2+(aq) + CO32-(aq)
Ksp CaCO3 = [Ca2+][CO32-]

Demikian tadi materi kimia kelas XI semester 2 K13 tentang pengertian kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Untuk soal dan pembahasan soal Ksp dapat di download disini.

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) √ Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13

0 Response to "Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) √ Materi Kimia Kelas XI Semester 2 K13"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel