Mekanisme Layanan Pembimbing Akademik (PA) SMA SKS Proses Pembelajaran

Mekanisme Layanan Pembimbing Akademik (PA) SMA SKS Proses Pembelajaran - Setelah mempelajari Tugas dan Fungsi Pembimbing Akademik SMA SKS selanjutnya adalah mekanisme layanan pembimbing akademik sekolah SKS. Mekanisme layanan PA ini dilaksanakan guna menjamin terwujudnya layanan utuh pendidikan dengan SKS sesuai prinsip SK.

Mekanisme Layanan Pembimbing Akademik (PA) SMA SKS Proses Pembelajaran


Berikut ini alur layanan pembimbing akademik dalam Proses Pembelajaran:
Layanan Pembimbing Akademik proses pembelajaran
  • Guru yang telah mendapatkan tugas tambahan sebagai PA memahami tugas pokok dan fungsi PA sebagaimana tercantum dalam panduan ini dan wajib memperhatikan dengan sungguh-sungguh ketentuan tersebut. 
  • Peran dan komitmen sebagai PA sangat diperlukan dalam implementasi pendampingan perkembangan aspek akademik peserta didik yang memiliki bakat, minat, dan kemampuan/kecepatan yang berbeda, yaitu peserta didik pembelajar cepat, normal, dan lambat. 
  • Setiap peserta didik mendapatkan diversifikasi layanan pembelajaran utuh melalui proses interaktif yang mengorganisasikan pengalaman belajar untuk membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta karakter melalui tranformasi pengalaman belajar melalui pembelajaran tatap muka, terstruktur, dan mandiri yang bersifat sistematik dan sistemik. Hal ini selaras dengan Panduan Penyelenggaraan SKS tahun 2017 yang menyatakan bahwa setiap peserta didik harus mendapatkan layanan pendidikan masal untuk peserta didik secara individual (mass education of individual) bukan pendidikan individual bagi peserta didik masal (individual education of the mass) agar dapat berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing. Untuk itu, sangat diperlukan pendampingan PA.
  • Proses belajar dan pembelajaran melalui UKBM-UKBM pada setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam rangka mencapai ketuntasan belajar. Setiap peserta didik harus difasilitasi demikian rupa agar mampu mencapai ketuntasan belajar dalam setiap mata pelajaran secara optimal sesuai kecepatan belajarnya. Untuk itu, sangat diperlukan pendampingan PA.
  • Setiap peserta didik berhak mendapatkan layanan konsultasi untuk belajar bertahap dan berlanjut guna mempelajari dan menguasai unit-unit pembelajaran dalam suatu mata pelajaran. Untuk itu, sangat diperlukan pendampingan PA di samping guru mata pelajaran yang bersangkutan.
  • Potensi yang harus dikembangkan pada setiap peserta didik tidak terbatas pada aspek akademik saja namun juga aspek non akademik termasuk studi lanjut. Untuk itu, PA perlu berkoordinasi dengan guru BK, Pembina Kesiswaan, maupun bagian lain yang terkait agar peserta didik terjamin mendapatkan layanan utuh pendidikan dengan SKS.
Demikian tadi mekanisme pembimbing akademik (PA) SMA penyelenggara SKS dalam proses pembelajaran.

Mekanisme Layanan Pembimbing Akademik (PA) SMA SKS Proses Pembelajaran

1 Response to "Mekanisme Layanan Pembimbing Akademik (PA) SMA SKS Proses Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel